Selama 10 Tahun Terakhir, APKASI dan Yayasan Pendidikan telah Melatih Lebih dari 160.000 Tenaga Pendidik

Selama 10 Tahun Terakhir, APKASI dan Yayasan Pendidikan telah Melatih Lebih dari 160.000 Tenaga Pendidik
Opening Speech Webinar Pendidikan Kabupaten Musi Rawas oleh Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, selaku Wakil Sekretaris Jenderal APKASI

SahabatGuru - Pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) secara merata merupakan salah satu pekerjaan rumah yang terus menerus dihadapi oleh pemerintah di Indonesia. Tugas panjang yang masih jauh dari kata "selesai" tersebut sejatinya memiliki urgensi yang sangat besar, yakni sebagai aspek fundamental dalam menjaga masa depan bangsa sekaligus fondasi kuat dalam persaingan pada berbagai skala.

Tantangan pemerataan mutu SDM terasa makin aktual seiring dengan kehadiran ruang digital yang telah menyentuh seluruh lini kehidupan umat manusia. "Menyikapi hal tersebut, literasi digital menuju masyarakat cakap digital menjadi hal yang wajib dilakukan", ucap Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, selaku Wakil Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Ucapan tersebut merupakan sepenggal dari opening speech yang dilakukan oleh Pak Benny dalam webinar pendidikan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara bersama dengan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas pada Selasa, 31 Agustus..

Garis besar dari substansi sambutan Pak Benny adalah menyampaikan komitmen APKASI dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara dalam upaya meningkatkan mutu tenaga pendidik menghadapi pendidikan era digital di seluruh Indonesia. Komitmen tersebut diaktualisasikan melalui launching platform SahabatGuru sebagai upaya APKASI dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara untuk selalu hadir membersamai perjuangan para guru, termasuk melalui penyelenggaraan webinar pendidikan.

Era digital menurut Pak Benny mendorong para guru untuk tidak hanya menguasai keahlian mengajar, namun juga perlu melek dan cakap digital. "Guru harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform-platform pendidikan saat ini, melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan learning management system, dan lain sebagainya", ujar Pak Benny.

Menuju akhir sesi opening speech, Pak Benny menyampaikan sebuah informasi perihal bukti nyata komitmen APKASI dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara terhadap dunia pendidikan Indonesia. "Selama 10 tahun terakhir, APKASI dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara telah melatih lebih dari 160.000 tenaga pendidik di 180 daerah di Indonesia. Kami meyakini, dengan sinergi ini akan mampu mempercepat pemerataan pendidikan di tanah air", tegas Pak Benny.

"Kami ingin terus menjadi spirit bagi Kabupaten Musi Rawas khususnya, untuk terus berkembang dan memberikan energi positif baru bagi negeri", tukas Pak Benny.